Fogging Dalam Rangka Pencegahan Nyamuk Chikungunya Desa Pohkecik

Fogging Dalam Rangka Pencegahan Nyamuk Chikungunya Desa Pohkecik dilasanakan pada Hari Kamis tanggal 4 Mei 2023 di lingkup Dusun Pohkecik. Fogging ini merupakan inisiasi dari relawan gugus tugas Desa Pohkecik karena ada laporan dari salah satu warga yang terkena gigitan Nyamuk Chikungunya. Gigitan nyamun tersebut melumpuhkan persendian pada tubuh. Kekompakan relawan Gugus Tugas Pohkecik dalam penanganan pencegahan persebaran nyamuk sangat bagus.

Fogging Nyamuk DBD

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran nyamuk Cikungunya adalah dengan menggunakan teknik fogging. Fogging adalah proses pengasapan insektisida yang digunakan untuk membunuh nyamuk dewasa yang terinfeksi.

Dalam proses fogging dilengkapi dengan mesin pengasap yang memancarkan kabut. Kabut tersebut terdiri dari partikel kecil dari insektisida yang sangat efektif dalam membunuh nyamuk dewasa. Kabut tersebut kemudian menyebar ke daerah tertentu seperti perkampungan atau daerah yang dianggap rawan penyebaran nyamuk Cikungunya.

Penyemprotan Nyamuk Fogging

Teknik fogging dapat menjadi pilihan yang baik dalam pencegahan penyebaran nyamuk Cikungunya karena dapat membunuh nyamuk dewasa secara instan. Namun, teknik fogging juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan utamanya adalah tidak dapat membunuh telur nyamuk atau larva. Oleh karena itu, teknik ini harus dikombinasikan dengan teknik lain seperti gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara berkala untuk membunuh telur dan larva nyamuk.